Senin, 14 Maret 2011

Orang Bijak


Orang Bijak

Oleh: Ratmaya Urip*)

Orang yang bijak umumnya dapat membedakan: "suatu tindakan dan hasilnya itu apakah akhir dari suatu awal, ataukah awal dari suatu akhir"

ooOoo

Diskusi

Menanggapi Tulisan Saya: ”Orang Bijak”

Setelah thread “Orang Bijak saya lemparkan ke beberapa milis, yaitu milis-milis “The Manager”, ”amapengurus@yahoogroups.com”, ”amasbypengurus@yahoogroups.com”, ”mailinglistamasby@yahoogroups.com”, ”quality-network@yahoogroups.com, dan ”indokarlmay@yahoogroups.com”, pada hari Rabu, 9 Maret 2011 jam 09:34, kemudian terjadi diskusi sebagai berikut:

1. Bpk. AC Huang

dari milir ”The Managers”, memberikan response sbb:

Pak Urip,

Boleh nambahin ya.

Orang bijak "tidak akan melihat awal dan akhir sebagai sebuah keadaan yang berbeda, sebab awal sesuatu adalah akhir sesuatu, dan akhir sesuatu adalah awal sesuatu"

Good day...Good Luck...God Bless You
-----
A.C. Huang

2. Bpk. Rudi Zamroni

(rudi.zamroni@gmail.com dari milis “The Managers” menulis sbb:

orang bijak itu selalu penuh pemahaman, mudah dimengerti, ditiru dan gak bikin bingung....

RZ

ooOoo

Bpk. A.C. Huang, kemudian me-response kembali sbb:

Pak Rudi,
Benar pak..dan ini memang karena saya belum bijak...dan bikin bingung... Apalagi kalau baca tentang filosofi Zen....makin ngga ngerti saya...padahal disitu diajarkan kebijakan...nah kalau ini bisa disebut bijak ngga pak ?

Good day...Good Luck...God Bless You
-----
A.C. Huang

ooOoo

Bpk Rudi Zamroni menulis kembali:

Kalau menurut pendapat saya, didunia ini, tidak ada sebenarnya orang bijak dan orang tidak bijak.

Yang ada adalah orang yang memahami dan orang yang tidak mengerti.

Seperti halnya filosofi Zen, ada banyak orang diluar sana paham betul apa maknanya, namun tidak menjadikan mereka melakukannya, seseorang yang hafal, dan paham akan sebuah teori, namun dalam prakteknya dia tidak melakukannya...apakah hal tersebut dapat disebut sebagai pemahaman?

Saat orang tersebut mengajarkan kepada orang lain tentang pemahaman filosofi Zen, orang yang melihat hanya akan tersenyum...dan berkata "ah teori", walau sepandai apapun pemahamannya, orang akan menaggap dia tidak pernah paham, sebab dia tidak mengerti bagaimana mengaplikasikan dalam kehidupannya.

Itulah mengapa saya sebut bijak itu adalah sebuah pemahaman, kita paham, memahami mengerti bagaimana melaksanakannya dalam kehidupan kita, membuatnya tidak njelimet.

Sayapun tidak pernah menganggap diri saya bijak, sebab masih banyak ketidakpahaman saya akan kehidupan.

RZ.

ooOoo

Serunya Bpk. A.C. Huang memberikan masukan sbb:

Dear pak Rudi,
Penjelasan yg lengkap, dan dari pemjelasam bapak, saya coba sedikit jabarkan arti BIJAK.

B berarti berbudi. Orang bijak adalah orang yang berbudi. Berbudi pada orangtuanya, lingkungannya dan kehidupannya.

I adalah inspire. Orang bijak bisa memberikan inspirasi bagi orang lain, baik lewat tulisan, ucapan dan tindakan.

J adalah jujur. Orang bijak adalah jujur, setidaknya jujur pada dirinya sendiri.

A adalah atraktif. Orang bijak mempunyai daya tarik terhadap orang lain lewat sikap, pemikiran, perkataan dan perbuatan.

K adalah komunikatif. Orang bijak adalah enak diajak ngobrol, tidak njlimet dan semua buah pikirnya mudah dipahami dan dicerna.

Apakah demikian Pak?

Good day, Good Luck, God Bless You

A.C. Huang

ooOoo

Saya, Ratmaya Urip, kemudian juga menambahkan sbb:


Serial Filosofi Manajemen (8)
FILOSOFI MAKANAN
Oleh: Ratmaya Urip*)

Mendalami apa yang menjadi materi diskusi dr Bpk Huang dan Bpk Rudi, saya seolah diingatkan kembali pd Filosofi Makanan.

Kalau kita jeli, esensi dr yg didiskusikan tentang "orang bijak" yang dijelaskan dengan formula B.I.J.A.K oleh Pak Huang yg merupakan akronim dr Berbudi, Inspire, Jujur, Atraktif dan Komunikatif dengan yang dijelaskan oleh Pak Rudi sbg "orang yg memahami" dan "orang yg tdk mengerti" sebenarnya mengandung esensi yg sama. Menurut saya hanya perbedaan kosa kata, dan cara pandang.

Saya ibaratkan itu sebagai makanan.
Jika kita melihat makanan dr bentuk luarnya mk yang terlihat adalah nasi padang, nasi gudeg, nasi rawon, pizza hut, KFC, Mc D, krupuk, bakpya pathook, geplak bantul, sop konro, bubur menado, juice pinang muda dan lain-lain.

Namun coba tengok esensi yg paling dibutuhkan bagi tubuh kita.

Pada satu titik pendalaman esensi, ternyata dalam berbagai varians makanan tsb isinya adalah: hidrat arang, protein, lemak, vitamin dan mineral yang masing2 memiliki manfaat masing2 bagi tubuh kita.

Saya mengumpamakan Pak Hari menyampaikan tentang nasi padang sementara Pak Huang menyampaikan tentang Pizza Hut...ya itu tergantung selera masing2. Keduanya berguna bagi tubuh manusia. Yg penting esensi yg dibutuhkan oleh tubuh yaitu protein, hidrat arang, lemak, vitamin dan mineralnya memenuhi syarat kesehatan bagi tubuh kita.

Bagaimanapun, apresiasi yg tinggi perlu saya sampaikan kpd Bpk Rudi dan Bpk Huang...yg telah memberi teladan bagaimana kita dapat mengekplorasi dan mengeksploitasi benak dan hati kita utk kemaslahatan kita.

Salam hangat menyambut diskusi yg semakin hangat ini.

Note: meskipun esensi yg saya sampaikan tsb masih dpt diperdalam lagi menjadi molekul, atom, proton-neutron-elektron.

Ratmaya Urip

Powered by Telkomsel BlackBerry®


(ARTIKEL INI BELUM SELESAI)


Tidak ada komentar: