Sabtu, 30 Mei 2009

Serial Klinik Manajemen (1)


SERIAL KLINIK MANAJEMEN (1)

Competence Base Human Asset Management System (CBHAMS)

New Paradigm in People Management

Oleh : Ratmaya Urip*)

Era bisnis & pelayanan running as usual, telah berubah dengan sangat cepat menjadi era bisnis & pelayanan running unusual. Era laminer dan linier dalam berbisnis dan pemberian pelayanan telah berubah menjadi lebih kompleks, compound, turbulence, uncertainty, unpredictable, uncountable dan hopelessness. Di era dengan perubahan yang sangat cepat dengan turbulensi tinggi saat ini, people management yang saat ini masih menjadi acuan dalam pengelolaan manpower, nampaknya memerlukan paradigma baru.

Era entrepreneurship, berubah dengan cepat menjadi technopreneurship, ecotechnopreneurship, dan bahkan kini memasuki era infoecotechnopreneurship.
Fokus pebisnis yang sampai dekade tujuh puluhan masih berkutat hanya pada kepuasan shareholder, yang kemudian ditambah kepuasan para customer selama dua setengah dekade berikutnya (sehingga sering disebut sebagai era customer focus atau era customer satisfaction), kini berubah, karena mau tidak mau, suka tidak suka, harus fokus pada stakeholder satisfaction, atau bahkan stakeholder loyalty.

Pengelolaan yang hanya fokus kepada production factors (faktor-faktor produksi) atau yang lebih dikenal dengan 5 M (Man, Material, Method, Machine, dan Money), yang kemudian menjadi 7 M karena ditambah dengan faktor-faktor management dan market, kini sudah memasuki tahapan pengelolaan bisnis & pelayanan berbasis pada managing factors (faktor-faktor kelola) atau penulis perkenalkan sebagai 11 M (Note: untuk mengetahui tentang 11 M hadirlah pada seminar).

Kompleksitas dan ketidakpastian yang acute, menuntut perubahan pengelolaan pada “man behind the gun”, karena sistem pengelolaan yang telah ada, tidak cukup untuk menjawab tantangan perubahan yang semakin bergejolak secara liar dengan turbulensi yang sangat tinggi.

Evolusi people management yang bermula dari Classic Personnel Management yang kemudian berubah menjadi Human Resource Management, sampai awal abad dua puluh satu atau awal milenium ketiga ini, nampaknya belum cukup untuk menjawab terpaan dan terjangan tsunami perubahan yang terjadi. Konsep dan aplikasi yang ditawarkan adalah Human Asset Management, atau ada juga yang menyebutnya sebagai Human Capital Management, meskipun untuk beberapa pihak, ada yang menyebut kedua konsep tersebut berbeda. Maka jika kemudian konsep dan aplikasi Competence Base Human Resource Management System (CBHRMS) harus menyerahkan tongkat estafet evolusi atau bahkan revolusi kepada Competence Base Human Asset Management System (CBHAMS), bukanlah hal yang patut untuk membuat dahi berkerenyit, mulut mencerca, benak bergejolak, dan hati dipenuhi onak. Meskipun kini masih terlalu dini untuk mengupasnya secara tuntas, sekurang-kurangnya hal ini dapat mengurangi distorsi berat yang terjadi saat ini.

Seminar, workshop, lokakarya, pembimbingan yang sangat menarik dan bermanfaat ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut :

· Memahami evolusi dalam People Management

· Memahami konsep dan aplikasi CBHAMS

· Menerapkan CBHAMS dalam praktek-praktek People Mangement

· Menguatkan akan arti pentingnya makna turbulensi bisnis dan dampaknya terhadap People Management

· Meningkatkan kemampuan operasional, manajerial dan visioner para pelaku People Management, khususnya dalam memahami, menyiasati, merencanakan, melaksanakan, mengontrol, mengevaluasi, dan mendapatkan jalan keluar dari turbulensi bisnis yang telah terjadi.

oooOooo

Catatan tentang Narasumber :

Ratmaya Urip

· Pelaku, pemerhati, dan juga konsultan People Management yang berangkat dari experiences dan references sebagai praktisi manajemen & bisnis di bidang Engineering, Construction and Procurement (EPC) , Mining, dan Manufacturing, sebagai senior manager setingkat Division Manager dan Project Director. Baik di BUMN maupun sektor swasta.

· Memiliki pemahaman, pengetahuan, dan ketrampilan yang intens yang dapat dibagikan kepada khalayak, tentang Strategic Management, Project Management, Construction Management, SHE Management, Quality Management, Production-Operation Management, Management of Technology, dan juga Material Science & Technology seperti Concrete, Steel, Cement, Paper, Rock & Soil, dll. Memiliki experiences sebagai Management Representative ISO 9001, 5 S, TQM. Lead Auditor Certificate issued by Lloyd’s Register, under the IRCA Auditor Registration Scheme. TQM/TQC certificate issued by Ministry of Industry, the Government of Republic of Indonesia.

· Host di Radio Suara Surabaya 100 FM (www.suarasurabaya.net klik online atau on demand) selama 15 tahun dalam weekly program SOLUSI MANAJEMEN BISNIS, setiap Sabtu Pagi jam 10.00 sampai 11.00 WIB.

· Saat ini adalah fungsionaris Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA-Indonesia), Quality Network Indonesia (Q-Net), IAPPI dan lain-lain organisasi profesi.

· Anggota Tim Konsultan di Dinamika Training & Consultant (www.dtechindonesia.com) dan Management Training & Consultants (MTC).

· Tulisan-tulisannya dapat dilihat di http://ratmayaurip.blogspot.com

Email : ratmayaurip@yahoo.com


Pilihan-pilihan untuk konsultansi :

· Seminar

· Workshop & Loka Karya

· Pembimbingan jangka waktu tertentu

Tidak ada komentar: